BERITA UTAMA :: Jum'at, 02-03-2018

Pelaku UMKM di Tangerang Dituntut Terus Berinovasi

Pemerintah Kota Tangerang kembali menggelar Tangerang Expo 2018, Selasa (27/2).

TANGERANG, MO – Pemerintah Kota Tangerang kembali menggelar Tangerang Expo 2018, Selasa (27/2). Acara yang diadakan kesekian kalinya ini sebagai wadah bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menunjukan produk-produk unggulan khas Kota Tangerang.

Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Tangerang, M Yusuf menyarankan kepada pelaku UMKM untuk terus berinovasi dalam menciptakan produk. Sebab, jika tidak berinovasi UMKM di Kota ini akan tertinggal.

“Kalau tidak kreatif mereka (UMKM) akan tertinggal dengan yang lainnya, UKM diluar sana begitu masif untuk berkembang. Satu-satunya jalan untuk maju itu kreatif,” ujar dia, usai membuka Tangerang Expo 2018 di Kecamatan Cibodas.

Dirinya juga menjelaskan, bahwa inovasi sangat lah penting untuk keberlangsungan produk UMKM. Selain itu, menurutnya, Pemkot juga harus menciptakan pasar bagi para pelaku UMKM.

“Inovasi sangat penting, jika tidak berinovasi dalam waktu setahun, dua tahun kita akan kalah, terlebih jika mencontek produk lain akan bermasalah dikemudian hari. Pemkot kedepan harus lebih banyak menciptakan pasar, mau pasar regional ataupun Internasional sekalipun itu harus difasilitasi,” tegasnya.

“Jika tidak difasilitasi UMKM itu sumberdaya yang lemah. Maka dari itu pemerintah harus membantu UMKM,” kata dia.

Sebanyak 300 UMKM dilibatkan pada Tangerang Expo kali ini, SKPD Pelayanan, dan seluruh Kecamatan juga turut meramaikan 148 stand yang disediakan panitia. Hal tersebut disampaikan Sayuti selaku Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang.

“Tangerang Expo 2018 ini bukan konsep baru, tetapi kita mencoba untuk ke wilayah lain, supaya masyarakat dapat menikmati dan ikut merayakan HUT Kota Tangerang. Di tahun ini pesertanya dari OPD pelayanan, OPD yang punya binaan UMKM dan Kecamatan,” jelasnya.

Bahkan dari 148 stand yang tersedia, ada dua stand yang cukup menarik perhatian yakni stand Dinas Koperasi dari Daerah Bengkulu dan Maluku. Tidak hanya itu, Dinas Koperasi Provinsi Banten juga ikut berpartisipasi.

“Ada yang dari luar, Dinkop Provinsi Banten, Daerah Bengkulu dan Maluku juga ikut,” pungkasnya.

CANDRA IRAWAN

sumber: https://metaonline.id/pelaku-umkm-di-tangerang-dituntut-terus-berinovasi/

...
Nama :
Email :
Komentar :
 
Kirim